12 Jenis Penyakit Paru-Paru Dan Solusinya

Mengingat bahwa jenis penyakit yang menyerang paru-paru sangatlah beragam, maka inilah 12 jenis penyakit paru-paru dan solusinya yang wajib anda ketahui.

Dengan mengetahui berbagai jenis penyakit paru-paru tersebut, maka diharapkan pengobatan yang dilakukan dan didapatkan akan maksimal.

Berikut ini kami akan memberikan informasi seputar 12 jenis penyakit paru-paru dan solusinya, silakan di simak penjelasannya !

12 Jenis Penyakit Paru-Paru Dan Solusinya

MENGENAI JENIS PENYAKIT PARU-PARU

Semua jenis penyakit paru-paru bisa membahayakan kesehatan manusia hal itu dikarenakan penyakit paru-paru bisa menyerang organ terpenting manusia.Paru-paru adalah organ yang berperan penting dalam sistem pernafasan, dimana terdapat pertukaran oksigen dan juga pertukaran karbondioksidan di dalam darah.

Proses pergantian oksigen dengan karbondioksida tersebut dinamakan dengan respirasi, dimana proses ini dilakukan oleh paru-paru dibantu oleh hemoglobin atau HB di dalam sel darah merah manusia.

Biasanya orang yang terkena anemia akan terganggu pernafasannya sebab dia memiliki kadar HB yang rendah, selain itu jumalh sel darah merah yang sedikit juga akan membuat peredaran oksigen ke seluruh tubuh juga sedikit.

Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit paru-paru yang harus anda ketahui diantaranya :

1). Asbestosis

Jenis penyakit paru-paru yang satu ini disebabkan oleh paru-paru terpapar oleh zat asbes sehingga menyebabkan paru-paru mengalami kerusakan berat dan banyak kasus terjadi dimana penyakit asbestosis bisa berubah dan berkembang menjadi kanker paru-paru.

2). Asma

Asma adalah penyakit radang paru-paru yang bisa menimbulkan sesak nafas pada penderitanya, dimana serangan sesak nafas ini ditandai dengan pernafasan yang berbunyi secara berulang-ulang.

3). Pneumonia

Pneumonia bisa disebut sebagai penyakit paru-paru yang sangat berbahaya sebab selain menular, penyakit ini juga bisa menyebabkan kematian jika tidak segera diobati.Umumnya penyakit ini menyerang kaum dewasa maupun anak-anak.

4). Tuberkulosis Atau TBC

TBC merupakan penyakit yang sering diderita oleh masyarakat dan tidak boleh disepelekan sebab penyakit ini bisa sangat berbahaya jika menyerang anak-anak yang memiliki sistem imun yang belum stabil.

Bakteri penyebab penyakit ini bisa menyerang ke bagian otak sehingga dibutuhkan pembedahan untuk mengangkat bakteri tersebut.

5). Obstruktif Kronis

Penyakit kelainan dalam jangka panjang ini bisa menyebabkan terjadinya kerusakan jaringan yang ada di bagian paru-paru, dimana ciri penyakit ini sama dengan penyakit asma.

6). Silikosis

Jenis penyakit paru-paru yang ditimbulkan akibat dari kondisi lingkungan kerja, dimana penyakit ini juga berhubungan dengan penyakit pneumokoniosis yang disebabkan oleh kristal silika.

7). Penyakti Legionnaries

Penyakit paru-paru yang satu ini disebabkan oleh bakteri bernama legionella pneumophilia, dimana infeksi yang disebabkan oleh bakteri ini akan sama dengan penyakit pneumonia.

8). Pneumotoraks

Jenis penyakit paru-paru yang bisa menyerang di bagian selaput paru atau yang disebut dengan pleura ini bisa menyebabkan bentuk paru-paru kemudian menjadi mengempis.

9). Efusi Pleura

Peyakit ini disebabkan oleh cairan yang berlebihan di dalam membran yang mengelilingi paru-paru.Beberapa penyakit bisa menyebabkan seseorang terkena efusi pleura contonya penyakit TBC dan penyakit gagal jantung.

10). Bronkitis Kronis

Bronkitis kronis adalah penyakit yang disebabkan oleh peradangan kronis yang ada di saluran udara dibagian paru-paru.Saluran udara pada paru-paru akan terinfeksi dengan zat yang terkandung di dalam rokok.

11). Penyakit Paru Akibat Kondisi Kerja

Kondisi kerja atau lingkungan kerja seseorang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit paru-paru, dimana penyakit paru-paru yang bisa disebabkan oleh kondisi lingkungan kerja adalah penyakit asbestosis, silikosis dan pneumokoniosis.

12). Emfisema

Penyakit paru-paru emfisema adalah jenis penyakit paru-paru obstruktif sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada alveoli paru-paru, akibatnya dari kerusakan kantung udara paru-paru atau alveoli membuat tubuh tidak mendapatkan kandungan cukup oksigen.

Itulah beberapa jenis penyakit paru-paru yang bisa dialami oleh seseorang, jika anda mengalaminya sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan secepatnya sehingga hal buruk yang mungkin saja terjadi bisa dihindari.

Solusi Ampuh Mengatasi Penyakit Paru-Paru

Setelah anda mengetahui berbagai jenis penyakit paru-paru, ada baiknya anda melakukan cara menjaga kesehatan paru-paru dan menghindari paru-paru.Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, maka berikut ini ada beberapa solusi ampuh mengatasi penyakit paru-paru yakni :

  • Hiruplah udara segar
  • Hindari polusi udara
  • Olahraga rutin
  • Pola hidup sehat
  • Mengelola stres
  • Bernafas dengan hidung
  • Mengkonsumsi makanan sehat
  • Konsumsi Obat Herbal Penyakit Paru-Paru

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan menjawab rasa ingin tahu anda.Terimakasih atas kunjungannya !

by post : Ahlinya Obat Hernia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *