Bahaya Amandel Bengkak Dan Pencegahannya

Apakah anda menderita amandel yang membengkak ? Jika iya, maka anda wajib mengetahui bahaya amandel bengkak dan pencegahannya, guna untuk menghindari hal buruk yang mungkin saja terjadi.

Berikut ini kami akan informasikan seputar bahaya amandel bengkak dan pencegahannya, silakan anda simak penjelasannya !

Bahaya Amandel Bengkak Dan Pencegahannya

Bahaya Amandel Bengkak Dan Pencegahannya

Amandel adalah salah satu penyakit yang terjadi di dalam amanda ini bisa terjadi karena adanya peradangan oleh virus dan juga bakteri melalui hidung dan mulut.

Bahkan virus dan bakteri yang bisa menyebabkan amandel ini cukup banyak sehingga wajar jika penyakit ini cukup sering menyerang seseorang.Virus dan bakteri penyebab amandel yakni :

  • Virus – virus pilek seperti : adenovirus, influenza, rhinovirus, RSV dan coronavirus.Tidak hanya itu virus pilek, penyakit amandel juga bisa disebabkan oleh virus herpes simpleks virus, epstein barr, aytomegalovirus atau bahkan virus HIV.
  • Bakteri – Umumnya bakteri yang menyerang amandel adalah GABHS, Staphylcoccus aureus, Mycoplasma pneumoniae, pertusis, difteri, gonore, sifilis dan clamydia pneumoniae.

Biasanya penyakit ini ditandai dengan gejala rasa sakit di tenggorokan, sulit mengkonsumsi makanan, demam, sakit kepala, hidung tersumbat, meriang, batuk, pilek, pembengkakan radang dan lainnya.

Bahaya Amandel

Hampir 70% penyebab amandel adalah faktor makanan.Jika dibiarkan maka kan sangat menganggu saluran tenggorokan yang merupakan jalannya sistem pernafasan dan juga sistem pencernaan tubuh.

Jika sudah begini makan akan membuat bahaya amandel semakin kronis.Penyakit amandel yang di derita tidak hanya sehari dua hari, melainkan bisa sampai berminggu-minggu.Dan berikut ini ada beberapa bahaya amandel paling umum terjadi diantaranya :

  • Nafsu Makan Berkurang

Biasanya kondisi peradangan amandel akan terasa sangat tidak nyaman, untuk menelan ludah saja akan terasa sakit, apalagi mengkonsumsi makanan ataupun minuman.

Maka tidak jarang jika penderita penyakit amandel merasa tidak nafsu makan atau bahkan pola makan yang tidak akan teratur sehingga penderita amandel berusaha untuk tidak banyak makan saat radang amandel.

  • Komplikasi Saluran THT

Apabila radang amandel semakin kronis maka kondisi ini sudah sangat membesar dan bahkan hampir menyumbat sistem pernapasan, maka akan berpotensi terjadinya komplikasi pada saluran THT lainnya.

  • Kekurangan Gizi

Kebutuhan nutrisi yang kurang dalam tubuh akan berdampak buruk terhadap tubuh, karena kebutuhan tubuh akan kalori berguna untuk menjaga stamina tubuh dan zat besi yang dibutuhkan darah sehingga sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Menurunkan Pasokan Oksigen

Radang amandel yang semakin menerima serangan bakteri dan virus akan membuat tonsil semakin membesar, dimana kondisi ini di sebut hypertrofi.

Pembesaran tonsil ini akan membuat ruang pernapasan semakin sempit, dampaknya adalah suplai oksigen di dalam tubuh akan semakin sedikit sehingga kondisi ini akan memperburuk sistem pernapasan.

  • Kondisi Psikologis Terganggu

Penderita akan mengalami pikiran yang berat dan bisa merasa stres dengan apa yang dialami sehingga menganggu psikologis, dimana kondisi ini bukan sakit amadel yang sederhana.

Namun sakit yang dirasakan akan sangat menganggu ketenangan pikiran, rasa nyeri yang bisa dirasakan seluruh badan, sakit kepala, menggigil bahkan disertai demam akan dirasakan oleh penderita sekitar seminggu hingga dua minggu tergantung tingkat keparahan amandelnya.

  • Menurunnya Daya Konsentrasi

Sedikitnya suplai oksigen di dalam tubuh yang kemudian akan di ikat oleh darah untuk disalurkan ke dalam otak akan membuat fungsi otak bisa menurun.

Itu karena, otak sangat membutuhkan suplai oksigen untuk tetap berfungsi dengan baik, kuranya oksigen akan mengurangi daya konsentrasi dan daya ingat.

Pencegahan Bahaya Amandel

Amandel memiliki fungsi yang sangat penting untuk menyaring makanan, minuman ataupun udara yang masuk ke dalam tenggorokan.Maka tidak jarang sesuatu yang masuk ke dalam tubuh bisa melalui mulut atau hidung mengandung bakteri dan virus yang bisa mengancam tubuh.

Amandel sendiri adalah tempat pertarungan sel darah putih yang memiliki fungsi kekebalan tubuh “bertarung” melawan virus dan bakteri, karena semakin seringnya terjadi pertarungan maka akan semakin besar peluang untuk membuat amandel mengalami peradangan.

Maka oleh karena itu, untuk menghindari kerja amandel maka kita harus mengatur gaya hidup sehat, terutama dalam mengatur pola makan yang baik termasuk :

  • Atur waktu makan, jangan makan berkali-kali di waktu yang berdekatan
  • Pastikan makanan yang dikonsumsi adalah makanan higienis
  • Hindari makanan bersantan dan juga berminyak
  • Ganti kebiasaan ngemil dengan makan buah-buahan
  • Perbanyak minum air putih, namun hangan air yang dingin
  • Gunakan masker jika berada pada lingkungan kotor
  • Pastikan lingkungan tempat tinggal bersih

Anda Juga Perlu : Obat Herbal Amandel Yang Efektif

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta membantu anda sembuh dari penyakit yang anda derita saat ini.

by post : Ahlinya Obat Hernia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *