Benjolan Di Leher Sebelah Kanan Terasa Sakit

Adanya benjolan di leher sebelah kanan terasa sakit, itu bisa menjadi tanda penyakit serius. Maka untuk itu jangan pernah dianggap sepele, berikut ada kondisi medis yang bisa menyebabkan kondisi tersebut, silakan di simak informasinya dalam artikel ini !

Benjolan Di Leher Sebelah Kanan

Benjolan Di Leher Sebelah Kanan

Pada umumnya benjolan di leher sebelah kanan disebabkan oleh adanya pembengkakan kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening sendiri adalah bagian dari sistem getah bening yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh anda.

Dimana pembengkakan kelenjar getah bening umumnya disebabkan oleh adanya infeksi telinga, infeksi sinus, tonsillitis, infeksi rongga mulut, TB kelenjar dan infeksi bakteri pada kulit kepala.

Meskipun kondisi ini bersifat jinak dan tidak membahayakan, namun pembesaran kelenjar getah bening bisa jadi pertanda adanya infeksi ataupun gangguan kesehatan yang lebih serius misalnya kanker yang menyebar melalui sistem getah bening seperti limfoma, kanker nasofaring atau penyebaran sel kanker.

Selain kelenjar getah bening, berikut ini ada beberapa kondisi dan gangguan kesehatan yang umumnya mendasari munculnya benjolan di leher sebelah kanan diantaranya :

  • Gondok

Kondisi dimana terjadinya pembesaran abnormal pada kelenjar tiroid yang ada di leher, dimana pembesaran ini bisa berada di tengah leher, kanan ataupun kiri.

  • Kista

Adanya benjolan berisi cairan yang bisa hilang dengan sendirinya tanpa memerlukan perawatan atau penanganan tertentu, dimana kista pada leher biasanya terasa lunak dan tidak nyeri.

  • Infeksi

Berbagai infeksi bisa mencetuskan benjolan di leher namun yang paling sering adalah infeksi virus dan bakteri termasuk TB kelenjar, sifilis sekunder, Staphylococcus aureus dan Beta hemolytic streptococcus.

  • Tumor Parafaring

Dimana kondisi ini bisa tidak terdeteksi selama pemeriksaan fisik, namun tumor bisa tiba-tiba sudah berukuran sekitar 2 cm ketika benjolan di leher sebelah kanan atau bagian lain terasa.

  • Kanker Tenggorokan

Dimana kanker yang satu ini bisa menyebabkan benjolan di leher sebelah kanan muncul yang diikuti dengan adanya beberapa gejala seperti nyeri tenggorokan menetap, nyeri atau kesulitan menelan, nyeri di telinga dan penurunan berat badan.

  • Limfoma
  • Penyakit Autoimun
  • Peradangan atau adanya pertumbuhan jaringan parut
  • Efek samping obat tertentu
  • Sindrom kelelahan kronis
  • Alergi makanan
  • Batu saluran air liur

Mengingat bahwa banyak sekali hal yang bisa menyebabkan terjadinya benjolan di leher, maka untuk mendapatkan kepastian mengenai penyebabnya anda akan disarankan untuk melakukan pemeriksaan yang biasa dilakukan oleh dokter yakni pemeriksaan darah lengkap, foto Rontgen dada dan sinus, USG leher dan CT-scan atau MRI serta biopsi pada benjolan.

( Baca : Cara Mengobati Benjolan Di Leher Sebelah Kanan )

Maka dengan begitu, anda bisa mengantisipasi dampak buruk akibat benjolan di leher tersebut. Mengingat, bahwa adanya benjolan di leher juga bisa menjadi pertanda dari timbulnya penyakit serius yang berbahaya jika tidak segera ditangani dan diatasi dengan cepat.

Demikianlah informasi mengenai benjolan di leher sebelah kanan terasa sakit, semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa menambah wawasan pengetahuan anda. Terimakasih atas kunjungannya, SEMOGA LEKAS SEMBUH !

post by : Ahlinya Obat Hernia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *