Komplikasi Akibat Patah Tulang Pinggul

Komplikasi Akibat Patah Tulang PinggulPatah tulang pinggul atau disebut dengan fraktur proksimal meliputi keretakan atau patahnya bagian tulang paha yang terletak di dekat persendian pinggul, yang mana kondisi ini lebih besar dialami oleh wanita lansia yang mengidap osteoporosis atau tulang keropos.

Komplikasi Akibat Patah Tulang PinggulPersendian pinggul sendiri adalah bagian yang menghubungkan tulang paha dengan panggul.Berdasarkan letaknya patahn tulang pinggul terbagi menjadi dua kategori yakni :

  1. Intrakapsular – Patah tulang yang terjadi pada bagian tulang paha yang terletak di dalamm soket sendi
  2. Ektrakapsular – Patah tulang yang terjadi pada bagian tulang paha yang berada di luar soket

Pada umumnya, patah tulang pinggul bisa terjadi pada siapa saja akibat adanya hantaman keras misalnya, karena kecelakaan atau cedera saat berolahraga.

Namun, penyebab utama patah tulang pinggul itu terjadi pada lansia yang berusia di atas 65 tahun adalah terjatuh.Selain itu juga, ada beberapa faktor lain yang berpotensi bisa meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami patah tulang pinggul diantaranya :

  • Akibat sering merokok dan mengkonsumsi minuman keras
  • Efek samping dari obat-obatan tertentu
  • Jenis kelamin
  • Masalah kesehatan
  • Kurang gerak
  • Kekurangan nutrisi

Bagi pengidap osteoprosis biasanya akan mengalami patah tulang pinggul tanpa jatuh sama sekali.Dan berikut ini ada beberapa gejala patah tulang pinggul yang bisa dirasakan oleh penderitanya diantaranya :

  • Mengalami pembengkakan serta lebam pada pinggul dan sekitarnya
  • Akan merasakan sakit yang tidak tertahankan pada bagian pinggul atau selangkangan
  • Kaki pada bagian pinggul yang cedera menjadi lebih pendek atau melenceng ke arah luar
  • Tidak bisa berdiri atau bertumpu pada kaki di bagian pinggul yang cedera
  • Tidak mampu mengangkat, menggerakkan atau memutar kaki

Meskipun gejala patah tulang pinggul terlihat sepele, namun jika mengabaikan rasa nyeri yang muncul pada pinggul setelah anda jatuh dan bisa menyebabkan patah tulang pinggul sebaiknya segera tangani supaya kondisi anda tidak makin parah dan tidak menimbulkan komplikasi.

Komplikasi Akibat Patah Tulang Pinggul

Jika patah tulang pinggul tidak segera ditangani pastinya akan menimbulkan komplikasi yang serius bahkann bisa berakibat fatal.Itu karena, patah tulang termasuk ke dalam cedera serius terutama pada pasien yang berusia lanjut.

Diperkirakan ada sekitar 10 persen pasien patah tulang pinggul yang meninggal dunia dalam waktu satu tahun akibat kondisi patah tulang pinggul.

Biasanya komplikasi berpotensi muncul setelah operasi meliputi : infeksi, pneumonia, penggumpalan darah di kaki atau trombosis vena dalam (deep vein thrombosis/DVT), pendarahan serta luka-luka yang muncul karena pasien terlalu lama berbaring.

Selain itu, tidak semua pasien bisa pulih sepenuhnya.Tingkat pemulihan umumnya tergantung kepada konsisi kesehatan pasien sebelum mengalami patah tulang pinggul.

Langkah Pengobatan Patah Tulang Pinggul

Ada beberapa langkah penanganan yang bisa anda lakukan untuk mengobati patah tulang pinggul yakni prosedur operasi, rehabilitasi serta obat-obatan antibiotik, obat pereda sakit atau obat bius.

Apabila patah tulang pinggul yang alami oleh pasien cukup parah biasanya akan dilakukan tindakan operasi dan ada beberapa jenis prosedur operasi yang biasanya menjajdi pilihan antara lain :

  • Memasang alat tertentu misalnya sekrup atau pelat khusus
  • Mengganti sebagian tulang paha
  • Mengganti seluruh sendi pinggul

Untuk penggunaan obat antibiotik secara berlebihan pastinya tidak baik bagi kesehatan tubuh, maka sebagai gantinya kami merekomendasikan untuk anda Jelly Gamat QNC sebagai obat herbal patah tulang pinggul.

Itulah informasi mengenai komplikasi akibat patah tulang pinggul yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

by post : Ahlinya Obat Hernia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *